ASUS ROG GX800, Laptop Gamers Ganteng Idaman!

Asus ngeluarin laptop gaming baru lagi? Yaps, this is ASUS, Laptop Gamers Ganteng Idaman, Upss, Pencitraan?? Mahal Tapi TAMPAN!!.. Boommmm

Oke Stop nyanyi laptop ganteng ini lagi.. Kita akan review fitur dan teknologi terbarukan yang dihadirkan pada laptop dengan spek super tampan ASUS ROG GX800 ini, apakah benar hanya  pencitraan?? Atau memang disediakan untuk para gamers ganteng idaman??

Yukk Simak..

Mungkin ini review berbeda dengan review sebelumnya dan biasanya.

Saya akan ngereview santai, apa saja sih yang dihadirkan dari laptop keluaran terbaru yaitu ASUS ROG GX800. Boom!!

Kita Mulaii..

Pertama, mungkin muncul pertanyaan mengapa Laptop ASUS ROG GX800 ini dibuat dan dibanderol dengan harga yang mahal setara dengan harga mobil itu ?

Menurut pandangan saya “Karena ASUS sangat jeli terhadap kebutuhan para penggunanya”, mungkin itu jawaban yang simple.

Tetapi saya akan menjelaskan sedikit tentang hal ini..

Gamer! Apalagi di Indonesia internet semakin cepat, dan game online PC makin seru dan menantang. Banyak warnet yang menawarkan speed internet dari pada PC, wkwk

Makin hari Game Online makin supported requirtment PC/ laptop dengan spek tinggi, Dan,, ini menjadi salah satu solusi itu.

Dengan segala teknologi dan komponen, dan dikemas dalam bentuk NOTEBOOK! Yang bisa dibawa kemana-mana cukup masuk TAS,SIAP..

Yaps setara anda mengendong semua PC Gaming dirumah anda, karena spec nya yang sangat TAMPAN sekali.

Apalagi sekarang para Gamers juga sudah banyak yang menshare permainan mereka di Youtube dalam bentuk Video, dan itu membutuhkan spesifikasi dan space komputer/laptop yang besar untuk memainkan dalam satu waktu.

Adalagi sekarang “VLOG” Video Blog yang menjadi trend orang indonesia, Presidan JOKOWI juga termasuk lhoo.. Vlog saat ini makin keren yang dalam pembuatannya butuh laptop yang super duper cepat demi rendering yang sukses dan hasil video yang maksimal.

Dan masih banyak lagi pekerjaan sehari-hari yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi seperti Desain Grafis, Animator, Filmaker, Internet Marketer, Programer dan lain-lain.

Nah sekarang kita lanjut lagi, Dari segi desain dan mesin dari laptop Asus ROG GX800 ini!

Desain Body Makin Kece Premium

Kita Intip dulu gambarnya, nih!!

Bomm!!! Yooo Laptop Gua Udah Siap Brooo!!! Hihihi..

Memang desain mirip dengan versi dari Asus ROG sebelumnya yaitu Versi GX700, Intip lagi ini gambarnya.

Lumayan mirip kalau menurut saya karena memang berbeda seri.

Di desain dengan warna metallic grey / abu-abu mengkilap yang premium, elegan dan tampan memang sudah dilihat dari luarnya, belum lagi kita mengetahui komponen bagian dalamnya. Behh..

Apalagi ASUS ROG GX800  ini mengganti hampir semua dari Hardware dan Software ke Last Version, yaitu mengganti dengan versi yang paling baru.

Kita lihat saja nih logo ASUS yang bisa menyala dibagian depan.

Ditambah lagi logo Asus yang berada pada samping kanan keyboard.

#Behhh

Yang pasti menambah kesan bahwa Laptop ASUS Republic of Gaming GX800 ini sangat powerfull dan memikat mata para gamers ganteng.

Keyboard Laptop dengan Mekanikal + RGB

Keyboard yang digunakan pada ASUS ROG GX800 sudah menggunakan mekanikal keyboard, yang mereka buat dengan merk Asus sendiri yang dinamakan “MectTAG” mechanical keyboard.

Dan ketika kita menekan akan terasa halus dan terdengar suara seperti sebuah switch/saklar Cherry blue MX yang akan menambah sensasi clicky ketika digunakan bermain game.

Menariknya lagi ASUS ROG GX800 sudah berpindah dari LED ke RGB keyboard jadi tidak hanya warna merah lagi seperti ini.

Berubah menjadi seperti ini!

#Boommm

Dengan RGB Color keyboard, tentunya anda bisa merubah warna yang ada dibalik tombol keyboard yang halus terbuat dari bahan alumunium menjadi warna-warni.

Untuk mengatur nyala lampu yang sesuai kita cukup menggunakan Fitur ROG Aura yang ada pada ROG Gaming Center yang tombolnya berubah dibagian pojok bagian atas berdampingan dengan tiga tombol makro key, video record, serta volume min and max.

Ditambah lagi penekanan pada tombol WASD yang diberi tanda warna agak tebal warna putih seperti ini.

Dan pastinya didesain dengan sangat palmrest atau memberikan segala kenyamanan kepada pengguna.

Gladius Mouse dan Trackpad Super Responsive

Jika pada laptop Asus GX700 dibekali mouse yang bernama SICA.

ASUS ROG GX800 dibekali dengan GLADIUS.

Dengan Gladius kita dapat mengatur DPI(Tingkat responsifitas terhadap geseran kursor) hingga 6400 yang berarti itu posisi sangat ideal ketika bermain game. Asiik kan?

Selain mouse, Trackpad/ Touchpad yang dimiliki ASUS ROG GX800 ini juga sangat responsive ketika disentuh dan digunakan.

Trackpad Buttonnya dibuat dengan sangat baik dan empuk ketika digunakan, ini membuat pengalaman pengguna akan bertambah ketika menggunakan laptop super ganteng ini.

Layar yang Sudah NVIDIA G-Sync

Asus ROG GX800 didesain dengan layar seluas 18.3 inci yang pasti sangat lebar. Dengan panel berisi Ultra HD alias 4K (3840X2160) yang dilengkap dengan fitur finishing matte dan refresh rate 60Hz.

*Finishing matte yaitu fitur yang membantu mereduksi pantulan sinar cahaya dari luar arah belakang secara signifikan yang berguna membuat mata pengguna tidak mudah lelah ketika menatap layar.

*Refresh rate yaitu frekuensi dari tampilan layar setiap detik, sesuai dengan nilainya 60Hz berarti mampu menampilkan 60 gambar dalam 1 detik. #Bomm

Sebagai monster of gaming ASUS ROG GX800 ini juga telah dilengkapi dengan teknologi NVIDIA G-SYNC untuk mengatasi lag, stuter dan tearing(patah-patah) ketika bermain game.

NVIDIA G-SYNC adalah sebuah fitur yang ditempatkan pada layar dari NVIDIA.

G-SYNC memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU.

Sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU.

Dan tentu saja graphic card kelas teratas dari Nvidia ini telah dibekali dengan fitur VR Ready serta beberapa teknologi lainnya antara lain Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL dan lainnya.

Semua fitur tersebut penting untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan efek-efek di dalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan.

Mengapa G-SYNC yang digunakan?

G-SYNC merupakan sebuah fitur yang mampu menghaluskan gerakan gambar dengan menyesusaikan refresh rate yang dihasilkan oleh dua buah GPU GTX1080. Waww

Teknologi in-plane switching (IPS) pada ASUS ROG GX800 memberikan view angle yang luas dan lebih besar yakni 178 derajat baik keadaan vertikal maupun horizontal tanpa ada perbedaan warna meski dilihat dari berbagai sudut.

Untuk memastikan hanya gambar terbaik, Asus ROG GX800 menggabungkan ASUS Splendid fitur untuk terlihat lebih kaya, lebih dalam dan warna yang lebih akurat.

ASUS Splendid memiliki empat mode: Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

Normal mode : memberi Anda pengaturan pabrik dioptimalkan untuk menulis, mengedit dokumen, seperti gambar dibawah ini.

Eye Care mode : mengurangi tingkat cahaya biru untuk melihat nyaman.

Vivid Mode : menyesuaikan pengaturan tampilan untuk memberikan gambar yang benar-benar bersemangat dan jelas, tanpa membuat warna terlihat buatan.

Manual Mode : memberikan kontrol atas pengaturan warna, sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi sendiri.

Sumber : www.asus.com/id/

Docking Watercooling Generasi ke-2 yang Terbuat dari Radiator

ASUS ROG GX800 didesain dengan dengan watercooling yang terbuat dari radiator yang bagiannya terpisah dengan laptop GX800 sendiri.

Desan radiator watercooling juga sangat menarik, karena sama dengan proses sistem pendingin yang ada disebuah mobil .

Ini semua didesain untuk memberikan penyegaran dan pendinginan yang maksimal pada laptop Gaming yang satu-satunya di Dunia memisahkan pendingin watercooling dengan perangkat laptop.

Memang bentuk dari watercooling dock ROG GX700 juga terpisah, tetapi GX700 hanya terdapat satu buah GPU Card Seri GTX980, Dan sekarang ASUS ROG GX800 mempunyai 2 GPU Card GTX1080.

Dan artinya Asus ROG GX800 mempunyai GPU GTX1160 yang bekerja secara bersamaan. #Boomm

Dengan kekuatan GPU yang 2 Kali lebih besar, watercooling docknya harus mampu mendinginkan dua buah GPU serta 1 CPU untuk menstabilkan sistem yang berjalan.

Watercooling ini didesain dengan diamaeter 20 persen lebih dari versi sebelumnya sehingga bisa menampung lebih banyak coolant (pendingin).

Itu sebabnya mengapa Asus ROG GX800 mampu di overclock hingga frekuensi 4,6Hz dengan mudah ketika dalam mode docking mode.

*Mode Docking dikhususkan untuk notebook yang terpasang mode docking watercooling. , yang berisi cairan pendingin untuk mengalirkan kemesin untuk mendinginkan kinerja CPU.

Cara kerjanya disebut dengan Hydro Overlocking Station dengan cairan dialirkan melalui tabung untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.

Kemudian setelah selesai cairan panas akan dialirkan keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan radiator baru kemudian panas di keluarkan lagi melalui lubang ventilasi pada radiator.

Kekuatan Prosesor, GPU, RAM dan HDD Makin Gahar

Sebagai notebook yang powerfull dan gahar, membuat laptop Asus GX800 ini sangat repot dibawah kemana-mana.

Tetapi jika dibandingkan dengan PC Gaming, laptop ini bisa menjadi teman setia buat para gamers ganteng kapanpun dan dimanapun berada.

Dengan prosesor intel i7-7820HK type KabyLake dengan kecepatan 4.2GHz, RAM 64GB DDR4 2800MHz. Disandingkan dengan dua buah GPU GTX 1080 SLI untuk menjalankan grafis maksimal di Laptop Idaman Para Gamers ini.

Intel Core i7-7820HK mempunyai kecetapan clock speed lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yakni 4,6GHz.

Clock speed yang lebih tinggi tentu saja berpengaruh besar pada kinerja dan processing speed pada komputer secara keseluruhan, yang mampu meningkatkan frame rate (FPS) pada game yang Gamers ganteng semua mainkan.

Dan bagi para teman-teman gamers atau video maker lainnya clock speed yang tinggi ini juga mempercepat waktu rendering 3D/Video editing.

Dan juga mempercepat kinerja dari aplikasi boros baterai atau resource intensive seperti Game dan aplikasi-aplikasi berat yang gamers gunakan nanti.

Dengan CPU yang mampu di overclock hingga frekuensi 4.6GHz dengan aman ketika dalam mode docking mode(khusus laptop dengan watercooling dock) tentunya.

Tidak hanya CPU-nya saja yang sanggup di overclock, namun GPU-nya pula mampu dimaksimalkan kemapuannya. Sang GPU dapat di overclock mencapai 2,1GHz melalui ASUS Gaming Center.

Anda pun dapat memainkan semua jenis game berat yang sudah disupport dengan fitur 4K dengan nilai FPS mencapai di atas 60.

*Overclock merupakan teknologi yang mampu berjalan dengan kecepatan lebih tinggi dari pada ketentuan pembuat perangkat tersebut.

Dan siap-siap ketika teman-teman gamers melakukan overclock pastikan sudah menyiapkan daya listrik yang cukup, karena ini akan memakan pasokan listrik yang cukup besar.

Tetapi menurut pihak ASUS, sebenarnya pun pengguna telah mampu mendapatkan kemampuan sang notebook hingga 90 persen tanpa mencolokan docking. Asalkan tetap menyuplai daya-nya dengan charger berukuran 330W.

Jadi gitu guyss..

Ohh iyaa..

Kartu grafisnya juga dipasang dengan type 2 Way SLI GTX1080, yang berarti ada 2 Buah VGA Card dengan Seri GTX1080 didalam notebook ini.

Secara spefikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.  Satu buah GTX 1080 memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps.

Makin Maknyuss Buat Game Apapun Vrohh,..

Mengkombinasikan HDD 1,5 TB dan fitur NVMe SSD RAID 0 ini menjadi laptop berasa PC Gaming terbaik yang pernah ada.

Dengan jumlah media penyimpanan cepat berbasis SSD ditambah menjadi 3 buah. Dan untuk media penyimpanan ini ASUS ROG GX800 memakai buatan Samsung yakni SM951.

Yang katanya nihh,, diklaim sebagai Solid State Drive tercepat zaman ini. SSD tersebut juga memiliki fitur NVMe alias Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 M.2 yang berguna memaksimalkan kecepatan bandwidth pada laptop ganteng ini.

Untuk teman-teman ketahui Slot PCIE4 memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan SATA3. Slot PCIE 4 menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik, atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingkan dengan RAID 0.

Penggunaan PCIE 4 juga lebih aman dan tahan lama, karena jika salah satu keping SSD rusak, maka keping SSD lain tetap aman pada tempatnya.

Dengan spesifikasi yang beginih nihh,. Ini akan berasa punya PC Gaming yang hardware dan software yang paling Update, tetapi bsa dibawa kemana-mana.

Laptop dengan Wifi Eksternal Pertama

Semua laptop terbaru mempunyai Wifi, termasuk laptop saya yang sudah “menua” ini #kodekerasbuattimjuriyangmenilai, tetapi adakah laptop yang mempunyai tambahan dibagian ekternal / luar laptop?

Yaps, ASUS ROG GX800 sudah dilengkapi dengan WiFi antena eksternal. Noh Gambarnya!!

TampanKan?

Dengan Wifi Ekternal WiFi ini kemampuan dan kecepatan ketika menangkap sinyal akan menjadi lebih baik dibandingkan antena standart tentunya.

Jangkauan dari eksternal wifi ini diklaim bisa menangkap sinyal hingga boost 50%, dan bagi gamers ganteng idaman, ini akan menambah speed internet ketika bermain game diluar, atau tidak menggunakan jaringan LAN.

Kelengkapan Port Input Output

Untuk dari Port input dan Outputnya Asus Republic Of Gamer GX800 dilengkapi dengan 3 buat USB 3.0 Type A dan 2 buat USB 3.1 Type C yang support Thunderbolt 3.0.

Selain LAN port dan Kensington lock juga dilengkapi port HDMI 2.0 yang bisa disandingkan dengan monitor 4K dan Display port 1.3 untuk monitor 8K dengan tingkat refresh 60Hz.

Upp,. tidak hanya itu.

Dibagian belakang tersedia port yang menyambungkan antara laptop dengan liquit watercooling dock untuk mengeluarkan dan 2 ventilasi sebelah kanan dan kiri yang berguna untuk menyaring udara.

Gambar port watercooling,.

Dual Array Microphone untuk Team Chat

Untuk kebutuhan gaming multi chat bersama team, Asus memberikan fitur dual array microphones yang bisa menyaring suara yang masuk, sehingga tidak terganggu ketika bermain game bersama tim-tim gamers ganteng semuanya.

Apalagi para pemain Dota 2 nih,. Bagi yang mau GGWP sama teman anda, fitur ini sangat membantu.

Suara yang dihasilkan akan didengar secara jelas oleh teman yang bermain bersama kita.

Untuk speakernya sendiri Asus ROG GX800 diletakan pada bagian bawah layar (Display).

Benchmark ASUS ROG GX800

Selain dari penjelasan diatas dibawah ini adalah benchmark yang bisa anda lihat pada Asus ROG GX800 yang di uji pada mode ekstrim, optimized dan standart.

Dan untuk pada postingan ini, saya akan memberikan kepada gamers semua Bechmark yang telah dilakukan oleh tim ASUS pada mode Ekstrim, dan untuk semua MODE akan saya buat terpisah dari postingan ini.

Nih gambarnya guys :

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan dan keunggulan yang diberikan oleh ASUS ROG GX800 ini, jadi memang terbukti bahwa Laptop Gaming Spec Dewa ini bukan hanya Pencitraan, tetapi memang the monster of gaming in the world.

Berikut Spesifikasi Lengkap dari ASUS ROG GX800.

Main Spec. ROG GX800 (G-SYNC)
CPU Intel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Operating System Windows 10 Home
Memory 64GB DDR4 up to 2800MHz
Storage M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
Display 18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
Graphics NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1x Thunderbolt
Camera Built-in HD camera and array mic
Connectivity Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster. Built-in subwoofer, 4 speakers. ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
Dimension  45.8(W) x 33.8(D) x 4.34 ~ 4.74 (H) cm
Battery  74WHrs, 4S2P, 8 Cell Li-ion Battery pack
MSRP/Harga  Rp 95.499.000
Warranty 2 years full global warranty