12 Langkah Ampuh Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Lambat

Cara Mengatasi Android Lemot dan Lambat – Semakin berkembangnya kemajuan teknologi membuat orang-orang pun ikut serta dalam perkembangan itu, sebagai seorang pengguna apalagi smartphone tentulah memiliki penilaian tersendiri terhadap perangkat tekologi yang sedang digunakan, apalagi masalah performa atau kecepatan dan kualitas dari smartphone itu sendiri membuat kita sebagai pengguna tahu apa yang saja kekurangan yang dimiliki oleh smartphone termasuk android dan juga mengatasi smartphone kita yang lemot dan lambat.

cara mengatasi android yang lemot dan lambat

Jika teman-teman telah lama mengunakan suatu smartphone akan pasti tau jika performa dari smartphone androidnya menurun atau tidak seperti biasanya yang ia sering gunakan. Dan tentu juga teman-teman mencari apasih penyebab dan bagaimana solusi untuk mengembalikan performa android seperti semula, nah dari pada itu semua saya akan memberikan beberapa Tips Mengatasi Android yang Lemot.

Android sebagai basis open source multi tasking memberi banyak keringanan untuk beberapa pemakainya, terlebih dalam menjalankan bermacam aplikasi dalam satu waktu. Disisi lain, ada hal yang perlu di ketahui oleh teman-teman yang menggunakan Android. Ketika menggerakkan aplikasi, Android menaruh data serta cache dari aplikasi yang mana bila selalu didiamkan kurun waktu yang lama bakal berefek jelek. Cache yang menumpuk terus-terusan bikin memori internal penuh serta itu bisa menghalangi performa Android. Baca Cara Supaya Baterai Android Awet dan Tahan Lama

Nahh dari permasalah itu semua saya akan memberikan cara lengkap apa saja yang harus dilakukan ketika performa atau kinerja android teman-teman melemah atau tidak cepat seperti biasanya, langkah-langkah dibawah ini akan membantu teman-teman semua untuk meningkatkan kinerja android supaya cepat.

12 Langkah Ampuh Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Lambat


1. Mengupdate Aplikasi ke Versi Terbaru

cara mengatasi android yang lemot dan lamban

Mengupdate aplikasi terbaru dapat meminimalisir penggunaan aplikasi yang sudah tidak bekerja dengan baik dan bisa melemotkan perangkat android teman-teman semua, jika anda tidak suka dengan performa anda yang buruk, silakan update aplikasi android ke versi yang paling baru. Baca Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru, karena semakin baru aplikasi pasti error sebelumnya diperbaiki dan bisa menperbaiki performa kinerja dari android anda semua.

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Banyak orang yang bangga dengan smartphone mereka lantaran mempunyai spesifikasi yang mumpuni hingga dapat dimasuki banyak aplikasi bawaan yang dianggap membantu kinerja dari smarphone mereka. Tanpa mereka sadari, sebenarnya itu bisa menghalangi performa Android mereka. Aplikasi yang ter-install di Android mempunyai potensi mengambil sumber daya seperti memori internal, “RAM” serta baterai. Bila Anda rasa belakangan ini kemampuan Android Anda mulai lemot, silakan hapus saja aplikasi yang dianggap memberatkan smartphone teman-teman.

Baca : 15 Langkah Meningkatkan Kualitas Kamera Pada HP Android

3. Jauhi pemakaian Live Wallpaper

Live Wallpaper, walau bisa menghidupkan homescreen Android tetapi sebenarnya sangat memakan banyak daya baterai dan performa dari smartphone anda sendiri. Oleh karena itu, untuk melindungi stabilitas performa serta daya, sesegera mungkin saja ubah wallpaper Android Anda dengan gambar ataupun photo umum yang Anda gemari. Itu bisa menjauhi pemakaian android yang semakin lamban.

4. Membuang Widget yang Tidak Perlu

Dampak widget pada homescreen Android sama dengan pemakaian Live Wallpaper. Penggunaan widget pada smartphone serta terlalu berlebihan bisa membuat kemampuan Android teman-teman menjadi semakin jelek, terutama untuk widget real-time yang senantiasa hidup tiap-tiap periode waktu spesifik. Oleh karenanya, pakai widget yang seumpamanya utama untuk keperluan Anda keseharian serta menghilangkan widget yang cuma dapat penuhi monitor homescreen saja.

5. Gunakan Aplikasi yang Seperlunya saja

Pilih kembali aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone teman-teman semua yang dirasa tidak pernah dipakai dan segera dihapus guna untuk melindungi performa Android supaya jadi lebih efektif, seumpamanya Anda mesti berpikir dahulu sebelumnya meng-install aplikasi. Cermati aplikasi yang menginginkan di install serta aplikasi yang telah terinstall. Cek adakah aplikasi yang mempunyai manfaat sama umpamanya browser. Bila Anda menginginkan menempatkan Opera Mini walau sebenarnya telah ada Browser bawaan, untuk apa? Tentukan satu diantara keduanya lalu dihapus dan gunakan yang sudah ada saja.

Baca Cara Internet Cepat di Jaringan 3G HSDPA di Android

6. Tentukan Launcher yang tepat

Louncher adalah tema yang bisa di download dan diinstall untuk mempercantik tampilan dari smartphone, Beberapa Launcher bawaan smartphone umumnya tak demikian bagus dari sisi penampilan ataupun performa. Kebanyakan dari louncher bawaan memang masih sedikit yang sesuai dengan keinginan pengguna, tetapi teman-teman bisa mendownload sendiri loucher yang ingin gunakan tetapi tentukan yang tidak memakan resource atau pemakaian yang terlalu berat, pakailah loucher yang ringan dan cepat.

7. Pakai Memory Card (SDCard) yang baik

cara mengatasi lemot pada android

Gunakan memori eksternal yang baru atau yang tidak tertanam oleh virus atau semacamnya, karena bisa berakibat fatal buat smartphone teman-teman semua, jadi usahakan gunakan memori yang bersih dari virus sehingga bisa menjalankan performanya dengan cepat dan baik.

Gunakanlah storage yang cukup sehingga anda bisa menyimpan file tanpa harus memaksakan kinerja dari memori itu sendiri.

Baca Cara Melacak HP Smartphone Android yang Hilang/Dicuri

8. Kerjakan Factory Reset berkala

Factory Reset atau refresh sistem sangat penting mengingat takut nya ada sistem yang error sehingga berpengaruh buat performa android anda. Hal semacam ini berkaitan dengan saat penggunaan smartphone Android. Ada saatnya Anda mesti lakukan Factory Reset berkala manfaat refresh system Android, sekurang-kurangnya tiga atau empat satu bulan sekali manfaat meniadakan cache ataupun dump file yang telah lama menumpuk. Diluar itu Factory Reset dapat juga kembalikan performa Android Anda yang hilang.

NB : Pindahkan data-data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset karen akan menghapus keseluruhannya data dalam android teman-teman, hati-hati dalam melakukan langkah satu ini.

9. Root Android Anda

Dengan Rooting android anda dapat mengambil alih fungsi yang sebelumnya belum anda dapatkan, dengan merooting smarpthone anda dapat mengakses penuh smartphone teman-teman, jadi anda bisa memilih menu dan fitur apa saja yang mengganggu atau bisa membantu performa dan kinerja dari smarphone android itu sendiri.

10. Terlalu banyak buka aplikasi bersamaan (Multi Tasking)

cara mengatasi lemot android supaya cepat

Menjalankan aplikasi secara serentak memang sangat membuat kita senang, tetapi itu sangat berpengaruh kepada kinerja smarpthone android anda, bisa saja smarphone android anda crash atau mati sendiri dan bisa dihidupkan lagi, karena sistem yang penuh sehingga membuat error beberapa data pada android, selain itu sangat berpengaruh terhadap kinerja android kedepannya karena sistem yang sudah pernah rusak akan sangat susah untuk diperbaiki lagi.

11. Memori Internal memori penuh

Penuhnya memori bisa mengakibatkan android anda akan menjadi lambat dan sering hang, jadi seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa install aplikasi yang seperlunya saja, karena bisa mengakibatkan smartphone menjadi lemot. jadi usahakan memori masih ada space untuk keperuan pengguna dari sistem agar performa android tidak lemot

12. Restart Android

Merestart sistem android akan bisa mengembalikan performa android seperti semula, jadi jika smartphone android mulai agak parah lemot silakan “restart hp android” anda tersebut dan mencari tau apa saja aplikasi yang membuat lemot dan menghapus agar hp android anda tetap berjalan dengan lancar.

Nahh itulah tadi 12 Langkah Ampuh Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Lambat teman-teman, jika masih lemot mungkin saja ada beberapa hardware dari smartphone yang sudah rusak dan corrupt jadikan solusi satu-satunya adalah memperbaiki atau menjual dan membeli smarphone android yang baru.