Tips Merawat Power Bank Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Merawat Power Bank Agar Awet Dan Tahan Lama – Bisa dibilang jika sebuah Powerbank memilih ketahanan dan juga daya yang berbeda-beda tergantung bagaimana kita merawat dan menggunakannya. Umur Powerbank sendiri biasa ditentukan oleh pemakaian baterainya untuk jangka beberapa bulan hingga bertahun-tahun. Adapun masih banyak sekali orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan Powerbank.

Baca Juga : Daftar Power Bank Terbaik Awet dan Tahan Lama Tahun 2017

tips merawat power bank agar awet dan tahan lama

Untuk itu kali ini akan dibagikan tips merawat Power bank agar tidak cepat panas antara lain sebagai berikut ini:

  • Cobalah Jangan Sering Mengisi Ulang

Sebagai pengguna mungkin Anda sering kali melakukan isi ulang ketika Powerbank ingin habis dayanya. Sama halnya seperti Smartphone Powerbank juga menggunakan jenis baterai yang bisa diisi ulang yakni Li-Ion ataupun Li-Po kedua jenis baterai ini memilik daya tahan yang berbeda. Biasanya powerbank dengan baterai Li-Ion akan memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang sementara untuk baterai Li-Po memiliki siklus hidup sampai 1000 kali isi ulang, jika hampir sama pada siklus nya Powerbank akan terasa cepat habis dan juga isi ulangnya menjadi lebih lama maka nya jangan terlalu sering mengisi ulang powerbank.

  • Isilah Ketika Kondisi Low Saja

Sering sekali mungkin Anda mengisi ulang daya baterai ketika baterai belum dalam kondisi low, biasanya didalam sebuah Powerbank terdapat 4 indikator LED yang mana menunjukan sisa daya baterai powerbank tersebut. Jika hanya tersisa 1 LED berarti menunjukan kondisi low. Jangan mengisi ulang ketika indicator lampu masih menyala 2 LED. Cobalah untuk menghindari kebiasaan membiarkan power bank Anda sampai kehabisan daya karena ini akan membuat proses isi ulang akan jauh lebih lama dan membuat kapasitas powerbank cepat habis.

  • Jangan Biarkan Powerbank Over Charging

Mungkin ini yang paling sering dilakukan ketika mengisi ulang daya gadgetnya, ingin Smartphone dan powerbank atau laptop yakni over charging. Untuk itu perangkat yang tidak memiliki sertifikat over charging protection. Dimana tentunya hal ini akan membuat baterai menjadi cepat rusak. Cobalah selalu perhatikan LED indicator yang bisa ditampilkan jika Anda suka sekali charger power bank ketika ditinggal tidur, sebaiknya cobalah adapter listrik yang dilengkapi timer yang bisa menghindari over charing.

  • Hindari Menggunakan Smartphone yang Sedang Diisi dengan Power Bank

Jangan mengecas Smartphone sekaligus mengecas Powerbank dimana saat mengisi Smartphone dan mengisi ulang Powerbank sekaligus, nantinya Anda bisa gunakan Smartphone saat sedang dicas. Selain bahaya untuk smartphone, hal ini juga membuat baterai power bank jadi cepat bocor.

Baca Juga : Daftar Power Bank Terbaik Awet dan Tahan Lama Tahun 2017

  • Hindari tempat Panas

Jika Anda sedang menggunakan Powerbank, hindari tempat yang panas untuk menyimpan, karena permukaan powerbank sendiri dimana akan bisa mengeluarkan panas ketika sedang digunakan. Jika disimpan ditempat yang panas juga, Anda akan bisa membuat tidak ada nya sirkulasi udara yang membuat powerbank bisa menyimpan panas berlebih.

  • Hindari Benturan

Meski power bank sudah didesain dengan bodi metal, tapi power bank tidak dirancang untuk tahan benturan. Komponen seperti baterai dan permukaan output power bank bisa kendor jika sering terbentur, sehingga menjadi tidak bisa digunakan lagi.

  • Sempatkan Cuci Power Bank

Udah beli power bank mahal-mahal karena tampilannya yang cantik, gak asik kan kalo permukaannya jadi butek karena sering disimpan di tas? Makanya sesekali luangkan waktu untuk mencuci permukaan power bank kamu. Cara mencuci power bank agar tidak merusak komponen di dalamnya adalah dengan menggunakan busa. Gunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring, lalu usapkan dengan spon atau sikat gigi. Hindari busa merembes ke bagian output ya.

Jadi itulah beberapa tips merawat power bank agar awet dan tahan lama, semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin memiliki powerbank dengan ketahanan lebih lama. Bijaklah dalam menggunakan powerbank supaya hasilnya juga bisa Anda pakai dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga Anda tidak perlu untuk membeli powerbank terus menerus.