15 Langkah Meningkatkan Kualitas Kamera Pada HP Android

15 Langkah Meningkatkan Kualitas Kamera Pada HP Android – Pada postingan kali ini admin ingin berbagi tutorial nih mengenai tutorial bagaimana meningkatkan hasil foto pada hp android teman-teman semua, cara yang akan saya bagikan juga sangat gampang sekali kok dan tidak ribet karena tutorial dibawah berisi panduan simpel yang sering teman-teman lupakan.

Memang kualitas foto pada smartphone android banyak sekali faktornya, mulai dari kualitas dari smartphone kita sendiri sampai kejernihan dan fitur yang diberikan oleh produsen smartphone pada kamera mereka. Tutorial dibawah tidak menjamin juga hasil foto kamu bagus banget, tapi jika semuanya dilakukan dengan benar pastinya ada perbedaan antara foto biasa dengan foto yang diambil setelah melakukan cara meningkatkan hasil foto pada android dibawah ini.

cara meningkatkan kualitas foto kamera ponsel smartphone android

Sangat Beragam merk smartphone saat ini membuat produk smartphone dengan kelebihan pada kamera. Karena kebanyakan dari pembeli smartphone pada sekarang ini menjadikan kualitas kamera sebagai tolak ukur bagus atau tidaknya smartphone android tersebut, sadis yaa..hehe

Nah bagi anda yang suka mengambil foto dengan smartphone atau hp android kini saya akan berikan tips dan trik memfoto dengan kamera smartphone Android anda yang diambil dari Android

1. Bersihkan Lensa Kamera Smartphone

Hal pertama yang perlu dikerjakan untuk membuahkan satu gambar yang bagus yaitu bersihkan lensa pada smartphone. Lensa kamera smartphone gampang sekali kotor lantaran terserang debu. Hal semacam ini akan bikin hasil photo jadi sedikit blurry atau blur karena sampah. Untuk mengoptimalkan hasil photo, setiap kali anda menginginkan mengambil photo lewat smartphone, yakinkan mengelap lensanya ya.

2. Gunakan Tombol Volume untuk Selfie

Saat anda malakukan swafoto (selfie), kerapkali anda jadi menjatuhkan smartphone saat mencoba menyentuh tombol capture di monitor. Dengan aktifkan self timer, anda jadi lebih mudah untuk berfoto.

Selain itu, langkah yang lain untuk berfoto selfie yakni dengan menekan tombol volume. Pilihan ini memang tidak ada dalam semua perangkat, tetapi teman-teman bisa mengaturnya sendiri pada menu Setting dan tetapkan volume control function atau use volume control sebagai tombol untuk mengambil foto kamu.

3. Gunakan Fitur Quick Louch

Supaya Tak Kehilangan Momen, Gunakan Fitur Quick Launch pada smartphone Android yang memiliki jalan pintas untuk tersambung kameranya daripada harus bersusah payah masuk ke menu kamera.

Satu di antara langkah pada Android yakni ikon kamera yang ada dibagian bawah lockscreen. Dengan demikian, anda bisa swipe ke arah ikon kamera. Lantas anda akan selekasnya masuk ke menu kamera.

Pada ponsel versi anyar seperti Samsung, jalan pintas ke kamera juga makin mudah melalui langkah menekan 2 x tombol Home. Jalan pintas ini bisa membuat anda lebih cepat tersambung ke kamera, sampai anda akan tidak kehilangan momen.

4. Memfoto dengan Modus Landscape

Untuk menghasilkan gambar lebih baik dengan lensa smartphone Android, gunakanlah modus landscape atau secara memiringkan hape smartphone. Dengan hal itu, hasil bidikan mungkin saja saja lebih luas dan tidak terbatas pada space yang kecil.

cara foto kamera keren dan jernih

5. Jauhi Penggunaan Flash

Baik memfoto dengan kamera smartphone Android maupun dengan DSLR, lebih baik jauhi penggunaan flash. Usahakan, flash hanya dipakai apabila benar-benar dibutuhkan. Hal semacam ini ditangani agar hasil pencahayaan foto terlihat alami dan makin nyaman dilihat.

Memang sekarang ini flash bukan hanya berbentuk lampu, tetapi juga LED flash. Namun, apabila letak LED flash begitu dekat dengan lensa, efek yang dibuat bisa demikian mencolok. Alih-alih menggunakan flash, apabila kekurangan cahaya, lebih baik untuk tingkatkan nilai exposure dan ISO pada kamera.

6. Jangan Pernah Gunakan Zoom

Fitur zoom memang kadang-kadang dibutuhkan untuk buat hasil foto jauh jadi lebih dekat. Sayangnya, ini jadi buat hasil foto cenderung buram dan kepadatan pada fixel akan menjadi rendah, Gunakanlah zoom pada moment tertentu saja dan pastikan hasilnya tidak buram. Baca : Cara Zoom Kamera agar Hasilnya Keren

7. Atur kamera dengan resolusi tinggi

Semakin tinggi resolusi otomatis semakin jernih hasil foto yang anda dapatkan dan semakin baik juga kwalitas gambar yang di ambil. Ketika mengambil gambar dengan kamera smartphone, coba untuk pergi sedekat mungkin saja ke objek itu. Serta jauhi pemakaian zoom saat memfoto. Begitu, Anda bakal memperoleh resolusi photo yang tambah baik dari pada memakai feature zoom pada kamera smartphone Anda.

Serta sudah pasti, dengan resolusi kamera yang lebih tinggi, tentu Anda akan bermasalah dengan ruangan penyimpanan photo itu, yang mana gambar dengan resolusi tinggi akan berkapasitas besar juga. Karenanya, baiknya Anda menaruh bebrapa photo ter sebut di memori eksternal, bukanlah di memori hp.

8. Gunakan Modus Panaroma jika Foto Pemandangan

Umumnya kamera hp mempunyai modus pemandangan. Namun, bila Anda tak ada, Anda bisa mendownload satu aplikasi untuk mengambil sekalian menggabungkan bebrapa photo seperti Photosynth (iOS) serta Autostitch Pemandangan Pro (Android). Ke-2 aplikasi itu adalah aplikasi paling baik untuk mengambil photo panorama.

9. Aktifkan Mode Brust

Bicara mengenai memphoto objek bergerak seperti beberapa orang yang tengah jalan, tentu mereka akan tidak diam serta berhenti sesaat untuk difoto. Umumnya ini kerap dipakai saat beberapa fotografer tengah memphoto peristiwa yang prima.

Karenanya, aktifkan kamera hp Anda dengan burst model. Dengan langkah tersebut bakal mengambil sebagian gambar dalam rentang saat spesifik dengan cara berbarengan. Kemudian, Anda bisa menggabungkan gambar-gambar yang sudah Diambil dalam satu gambar yang bakal tampak lebih unik serta menarik.

10. Mengatur Pencahayaan yang baik

Satu diantara permasalahan paling besar saat pengambilan photo didalam ruang yaitu kurangnya pencahayaan alami. Intensitas sinar bisa bikin kwalitas gambar jauh semakin bagus, seperti gambar makanan yang tampak lebih berselera, ekspresi muka yang lebih ceria serta lebih ramah lingkungan.

Sebisa-bisanya, coba untuk mengambil photo dibawah pencahayaan alami. Anda bisa mendapatkannya dengan pergi ke dekat jendela atau pintu waktu mengambil photo didalam ruang, serta sumber sinar seperti lampu-lampu neon atau lampu jalan waktu memphoto diluar ruang. Diluar itu, jauhi pemakaian lampu belakang waktu mengambil gambar, terkecuali bila Anda menginginkan mengambil gambar dengan dampak siluet.

11. Pemakaian tripod atau monopod

Manfaat pemakaian tripod atau monopod yaitu untuk menyetabilkan kamera hp, supaya gambar yang dijepret bakal membuahkan kwalitas yang bagus (stabil) dengan kata lain tak kabur.

Pemakaian tripod baiknya dipakai untuk mengambil gambar dalam kecepatan lambat, sedang pemakaian monopod baiknya dipakai untuk mengambil gambar dari jarak jauh. Umumnya monopod dipakai untuk selfies. Untuk tripod portabel seperti Gorillapod serta Slingshot bisa mempermudah Anda saat membawanya ke mana saja.

12. Jauhi Pemakaian Filter Waktu Memphoto

Memanglah pada banyak aplikasi ada feature filter yang bikin photo lebih indah serta bisa diliat dengan cara segera waktu memphoto. Tetapi tambah baik untuk memakai filter mereka sesudah photo di ambil (pada sistem editing) daripada mengaplikasikan filter dengan cara mempercepat waktu foto. Ini terlebih diperuntukkan supaya photo dapat mempunyai banyak macam waktu diedit serta dapat diperhitungkan lagi untuk hasil yang paling baik. Photo dengan filter waktu memphoto bakal mempunyai sedikit pilihan hasil photo.

Diluar itu, pemakaian filter pada fotografi profesional misalnya pada jurnalistik begitu tidak sering dikerjakan, bahkan juga condong dilihat cinis serta memperoleh cemoohan lantaran diragukan keasliannya. Sesaat untuk fotografer smartphone yang kasual, telah umum dipakai filter retro, hitam-putih, Windmere, Islandia, serta filter hipster lain yang memberikan ciri-ciri ke photo serta mengasyikkan untuk diberikan ke media sosial. Dengan memakai filter pada sistem editing, sahabat dapat memperoleh keduanya sekalian.

13. Pakai model HDR

Bila sahabat miliki tangan yang stabil serta mengambil photo benda diam, jadi manfaatkanlah modus HDR (high dynamic range) bila menginginkan pencahayaan serta bayangan di photo rata. Hal semacam ini begitu bermanfaat bila gambar dengan kontras yang tinggi – banyak potongan-potongan begitu gelap serta begitu jelas. Aktifkan feature HDR pada kamera yaitu langkah yang bagus untuk memperoleh photo yang jelas serta punchy yang pada kamera smartphone kecil umumnya akan tidak bisa mengambilnya dalam satu shoot.

Namun itu tak bermakna kalau sahabat mesti memakainya selama saat. HDR yaitu pilihan yang pas saat subyek mempunyai pencahayaan jelas dari belakang serta sahabat menginginkan lihat latar depan, namun itu yaitu pilihan yang jelek saat sahabat ada dalam kondisi gelap atau mengambil gambar dari objek bergerak. Sebagian kamera smartphone dengan cara default aktifkan HDR serta umumnya lakukan pekerjaan dengan baik, namun bila sahabat menginginkan mengambil kendali, coba tidak untuk memakai HDR terus-terusan.

14. Gunakan kamera belakang, bukan kamera depan

Memang dengan kamera depan semakin lebih gampang dalam ber-selfie. Tetapi, hal semacam itu akan tidak dapat menyingkirkan fakta kalau biasanya kamera depan mempunyai spesifikasi resolusi lebih rendah dari kamera belakang. Lantaran kamera belakang dilengkapi dengan lebih megapiksel yang tinggi, sedang manfaat depan kamera tak sangat mungkin untuk mensupport dalam pengambilan fotografi yang baik serta menarik.

Lalu lagi, kenapa tak memakai keduanya saja? Mungkin, tetapi Anda mesti memiliki aplikasi penambahan. Nah, aplikasi Frontback satu diantara jawabannya, yang disebut satu aplikasi yang sangat mungkin untuk Anda mengambil photo dengan kamera depan serta kamera belakang. Silahkan cobalah aplikasi Frontback itu serta lihat hasilnya DISINI.

15. Attachable Lensa

Bila Anda mengambil semuanya photo Anda memakai lensa penambahan, hal itu adalah sisi integral dari sistem pengambilan photo.

Bila Anda menginginkan memperoleh pilihan lensa semakin banyak dengan kamera smartphone Anda, coba lensa attachable atau kamera tempel. Dengan lensa attachable bakal memberi dampak spesial seperti dampak makro atau fish-eye pada gambar.

Lakukanlah beberapa langkah diatas dengan benar dan lihatlah hasil foto anda hhehe, nah itulah beberapa tutorial 15 Langkah Meningkatkan Kualitas Kamera Smartphone Android semoga informasi diatas bermamfaat dan membantu teman-teman semua.

Tags: